Pekerja Malam Beresiko Besar Kena Serangan Jantung

Pekerja-Malam-Beresiko-Besar-Kena-Serangan-Jantung


 SAVE AS   Pekerja Malam Beresiko Besar Kena Serangan Jantung, penelitian telah menunjukkan karena tidak adanya jam istirahat untuk tidur, setelah kerja malam selama lima pekan, orang-orang yang bekerja pada malam hari dan tidur pada siang hari memperlihatkan gangguan regulasi glukosa dan perubahan metabolisme, bagaimana untuk yang bekerja pada malam hari dengan terus menerus, jangka panjangnya bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

Pekerja malam sangat di butuhkan Perusahaan atau Instansi untuk meningkatkan produktifitasnya ataupun dalam hal pelayananya, ada beberapa jenis Instansi yang memang harus mempekerjakan pegawai atau karyawanya pada jam malam, misalnya : Kepolisian, Rumah Sakit dan beberapa Perusahaan tertentu.

Bagi pekerja malam dituntut untuk terjaga sepanjang malam dan tidur pada siang hari, bisa dikatakan terbalik dengan kehidupan sehari-hari dengan orang-orang normal pada umumnya meskipun dengan jumlah jam tidur yang sama. 

Meskipun beberapa pekerja malam sementara merasa tidak ada masalah dengan kesehatannya, tapi jangka panjangnya perlu dipertanyakan, kalau melihat hasil penelitian diatas saya kira sangat di butuhkan perhatian khusus oleh pihak terkait. 

Pada kehidupan pekerja normal atau pekerja siang hari melakukan aktifitas olah raga pada sore hari sangat dimungkinkan, tapi untuk pekerja malam sangat tidak mungkin dilakukan karena biasanya habis olah raga tubuh butuh istirahat, hal itu tidak mungkin dilakukan bagi orang yang bekerja dimalam hari.

Sudah saatnya ada perumusan atau metode baru bagi pekerja malam yang tetap dalam hal melakukan tugasnya, misalnya : dalam melakukan tugasnya pekerja malam diberikan selain jam istirahat juga diberikan jam tidur ataupun olah raga, memang metode tersebut dibutuhkan personil lebih banyak untuk jaga bergantian atau untuk menggantikan tugas personil yang lagi istirahat. intinya dibutuhkan jam istirahat untuk tidur bagi pekerja malam

Suatu kajian yang dilakukan Universitas di Inggris memperlihatkan bahwa kerja malam selama tiga hari bisa mengganggu kerja gen, yang berarti gen-gen ini bekerja pada waktu yang tidak semestinya. 

Sekitar 6% dari gen kita bekerja pada waktu-waktu tertentu, namun setelah bekerja malam selama beberapa hari maka jam kerja gen-gen ini langsung terganggu.

Perlu disampaikan bahwa kajian-kajian yang dipaparkan dalam tulisan kesemuanya dilakukan dalam jangka pendek, yang membuka kemungkinan tubuh kita pada akhirnya akan melakukan penyesuaian seandainya kita terus menerus kerja pada malam hari. 

Tapi penelitian yang dilakukan secara bertahun-tahun tentang dampak dari kerja malam ternyata bisa meningkatkan risiko lebih besar mengalami serangan jantung.

Penyakit jantung terkait juga dengan gaya hidup. Oleh karena itu orang-orang yang kerja malam bisa terhindar dari penyakit ini atau setidaknya memiliki risiko lebih kecil asalkan mengkonsumi makanan yang sehat, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur.

Sambil menunggu ditemukan metode atau standard kerja yang ideal bagi pekerja malam, sebaiknya bagi mereka yang sering bekerja dimalam hari, sebisa mungkin mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat, berolahraga, dan segera periksa ke dokter jika merasa ada yang kurang normal dari kerja organ tubuh kita.





Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Pekerja Malam Beresiko Besar Kena Serangan Jantung, semoga bermanfaat

Sumber : huffingtonpost

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar Dan Saran Untuk Membuat Blog Ini Lebih Baik Terimah Kasih.