Cara Menghadapi Para Penebar Kebencian Di Media Sosial

Beberapa-Cara-Menghadapi-Para-Penebar-Kebencian-Di-Media-Sosial

 SAVE AS, Cara Menghadapi Para Penebar Kebencian Di Media Sosial, Anda mungkin akan menemukan penyebar kebencian dikolom komentar Facebook, forum-forum online, cuitan di linimasa Twitter, Instagram, hingga sosial media yang paling terbatas sekalipun.

Tak bisa dipungkiri, bahwa anonimitas di dunia maya membuat orang lebih bebas bersuara, apalagi dengan akun yang sengaja dibuat fiktif, orang bisa mempengaruhi orang lain dengan motif tertentu.

Contoh nyata terjadi baru-baru ini adalah sebuah akun dengan inisial DH yang mendapat banyak komentar kemarahan karena menulis status difacebook yang bernada ancaman.
Dalam status itu, dia mengatakan akan menebas kepala Presiden Jokowi karena dianggap "kerjanya hanya nonton bioskop dan konser saja."

Dan yang paling baru ada salah satu akun difacebook menulis status yang lebih provokatif dan rasis, menyikapi masalah pelemahan rupiah dan relokasi warga Kampung Pulo.
Dia mengatakan jika rupiah tembus Rp15.000 per dolar, tragedi 1998 akan terulang. Dia mengajak orang-orang yang merasa dirugikan untuk turun ke jalan, melakukan aksi kekerasan, bahkan pembunuhan, terhadap etnis tertentu.

Nia Sjariffudin dari Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika mengatakan ungkapan kebencian atau 'hate speech' di dunia maya sudah sangat kronis dan jika tidak diatasi "akan membunuh kita bersama."
"Perlu ratusan tahun menyatukan perbedaan (menjadi satu bangsa), tapi kita baru dibaru dititipkan 70 tahun tidak mampu menjaganya," papar Nia. 

Sejumlah aktivis, Rabu (26/08) menyerukan agar pemerintah segera menangani kasus-kasus penyebar kebencian di internet dalam bentuk pemantauan dan penyaringan konten, serta memasukan edukasi wajib tentang literasi internet ke sekolah-sekolah.

Ismail Cadiwu, Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan kepada BBC Indonesia bahwa 'hate speech' bisa ditindak secara hukum dengan UU ITE dan masyarakat diminta aktif melapor.
"Kita sarankan untuk melapor ke polisi, karena dalam konteks UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) orang-orang dilarang menyebar kebencian, permusuhan. Jika ada orang yang merasa dirugikan, itu bisa diproses."

Namun, Kominfo mengakui saat ini pihaknya belum menyediakan platform aduan khusus untuk kasus penyebaran kebencian, kata Ismail.
Apa yang bisa Anda lakukan?

Terlepas dari masalah hukum, para penebar kebencian perlu diberikan hukuman sosial karena itu merupakan musuh besar kebebasan berekspresi, kata para aktivis.

Damar Juniarto dari Forum Demokrasi Digital mengatakan ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika menemukan konten semacan itu di lini masa Anda. 

Anda diminta proaktif untuk melaporkan akun-akun yang berisi kebencian rasial, diskriminasi, dan radikalisasi. 

"Pertama, berikan informasi pada orang yang bersangkutan bahwa konten yang dia tulis itu mengandung kebencian yang akan menyulut kemarahan dan tidak menyelesaikan persoalan," jelasnya.

Kedua, Anda bisa mengingatkan bahwa selain bisa dijerat UU ITE, dia juga bisa dijerat dengan UU 40 tahun 2008 tentang diskriminasi rasial.

"Ketiga, jika tidak digubris kita wajib melaporkan dan memastikan bahwa orang lain tahu bahwa akun itu adalah akun penyebar kebencian," lanjut Damar.

Caranya bisa bermacam-macam, misalnya dengan melakukan screenshot dan menyebarkan ke teman-teman Anda.

Kita harus bergerak jika konten akun tersebut sudah terang-terangan mengajak orang lain untuk menghabisi hidup orang lain.Matahari Timoer - Indonesia Center for Deradicalization and Wisdom

Bagaimana sosial media atau pemerintah harus menyensor konten-konten kebencian adalah masalah yang dihadapi di berbagai belahan dunia.

Pertengahan tahun lalu, forum Reddit - yang diblokir di Indonesia - disorot oleh netizen dunia ketika mereka tidak memblokir komentar-komentar rasis yang ekstrem terkait penembakan sembilan orang di Gereja Emmanuel, Charleston, Amerika Serikat.

Komentar-komentar tersebut terang-terangan rasis, mendukung supremasi kulit putih, dan menyebut tersangka penembakan sebagai bagian dari kami.

Dalam sebuah pertanyaan, Reddit menjelaskan bahwa mereka akan "memblokir perilaku, bukan ide", demikian dilaporkan BBC Trending.

"Kami ingin terlibat seminim mungkin dalam mengelola percakapan [online ini], tetapi akan melakukan tindakan bila diperlukan untuk melindungi privasi, kebebasan berekspresi, dan untuk mencegah pelecehan," kata pernyataan itu.

"Kami tidak selalu setuju dengan isi dan pandangan yang diungkapkan orang-orang di situs, tetapi kami melindungi hak masyarakat untuk mengekspresikan pandangan mereka." jelasnya.



# Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Cara Menghadapi Para Penebar Kebencian Di Media Sosial, semoga bermanfaat.
* Sumber : BBC-INDONESIA

2 komentar:

  1. Kasihan gan orang seperti itu krn hatinya gak pernah tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mudah2an cpt sadar bahwa perbuatanya itu tdk membuatnya tenang

      Hapus

Beri Komentar Dan Saran Untuk Membuat Blog Ini Lebih Baik Terimah Kasih.