Lebaran Telah Usai Waktunya Kita Mengevaluasi Diri

Lebaran-Telah-Usai-Waktunya-Kita-Mengevaluasi-Diri

 SAVE AS, Lebaran Telah Usai Waktunya Kita Mengevaluasi Diri, Arus balik pemudik sudah selesai dan lalu lintas dalam kota maupun luar kota  kembali normal seperti biasanya sebelum musim pemudik, para pekerja kembali pada rutinitasnya, waktunya kita mengevaluasi diri, pertanyaanya mengapa ?

Kita awali pada bulan ramadhan, sudah benarkah puasa yang kita lakukan, kenapa harus timbul pertanyaan tersebut, karena hadist nabi mengatakan : ada orang puasa tapi hanya mendapatkan haus dan lapar, jangan-jangan puasa kita hanya memindahkan jam makan, maka dari itu sangat diperlukan yang namanya evaluasi.

Ulama dan para kyai mengatakan betapa nikmatnya kalau kita menjalankan puasa dengan benar, tidak sedikit orang mengatakan kenikmatan puasa didapat pada waktu kita berbuka puasa, dilakukan sendirian atau buka bersama, betapa dangkalnya pemahaman nikmat puasa kalau hanya seperti itu.

Kalau pemahaman nikmat puasa terletak pada waktu kita berbuka, orang kelaparapun akan terasa nikmat saat diberi makan biarpun tidak melakukan puasa, disaat siang hari terik matahari sangat menyengat, betapa nikmatnya orang yang kehausan diberi minuman yang segar, jadi dibutuhkan pemahaman yang mendalam dimana letak kenikmatan orang yang melakukan ibadah puasa.

Kedua waktu melakukan silahturachmi untuk saling memberi maaf dan minta maaf, baik kesaudara, orang tua maupun ke teman, tidak sedikit orang yang berpendapat kurang pas kalau tidak memakai pakaian baru, lihat beberapa hari sebelum puasa ramadhan berakhir, beberapa mall atau toko pakaian dipadati pengunjung, dan celakanya untuk mendapatkan itu semua banyak yang memaksakan diri dengan jalan berhutang ataupun kredit.

Pertanyaanya apa perlu itu semua kita lakukan, memang tidak ada larangan untuk memakai pakaian baru tapi apa perlu kita lakukan dengan dipaksakan, sebelumnya kita melakukan puasa untuk menahan diri dari segala yang berbau hawa nafsu, akan sia-sia kita melakukan puasa kalau pada akhirnya kita tutup dengan mengumbar hawa nafsu.

Menurut penulis kedua masalah diatas sangat berkaitan, Raport akan bernilai baik apabila kita selalu bisa menyelesaikan soal / ujian dengan benar.


# Terima kasih Anda telah membaca artikel yang berjudul Lebaran Telah Usai Waktunya Kita Mengevaluasi Diri, semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar Dan Saran Untuk Membuat Blog Ini Lebih Baik Terimah Kasih.