Kisah Saudagar Dan Burung Beo

inilah-Kisah-Saudagar-Dan-Burung-Beo-yang-pandai-bicara

SAVE AS > Kisah Saudagar Dan Burung Beo, Alkisah di negeri Antah Barantah hiduplah seorang saudagar kaya raya, mempunyai seekor burung beo yang pandai bicara, sang saudagar sangat menyayangi si burung beonya, sangking sayangnya burung beo ditempatkan pada sangkar yang dibuat dari emas, tiap hari sang saudagar sering terlihat bicara dengan burung beonya.

Pada suatu hari saudagar hendak pergi kenegeri tetangga untuk keperluan usahanya, setelah menyiapkan semua perbekalanya, sang saudagar tidak lupa pamit pada burung beonya, " aku mau pergi kenegeri tetangga kamu pesan apa pada teman-temanmu disana" tanya sang saudagar pada burung beonya, "tolong sampaikan kepada temanku disana,ceritakan  keadaanku disini" jawab sang beo.

Singkat cerita sampailah saudagar dinegeri tetangga, setelah selesai dengan urusan usahanya saudagar menuju ke suatu tempat dimana disitu banyak hidup burung beo dengan bebas, tujuanya untuk menyampaikan pesan burung beo kesayangannya.

Akhirnya sang saudagar menemukan tempat dimana banyak hidup burung beo, disitiu burung beo hidup dengan bebas terbang kesana kemari dengan riangnya, saudagar menemui salah satu burung beo yang hinggap di pepohonan, lalu dia menyampaikan pesan burung beonya, sang saudagar sangat terkejut melihat burung beo tersebut langsung mati setelah mendengar pesan yang disampaikannya, kemudian sang saudagar menemui burung beo lainnya, kembali sang saudagar dibuat terkejut karena burung beo tersebut mati juga setelah mendengar pesannya, kejadian tersebut hingga berulang-ulang.

Sesampainya dirumah saudagar menemui burung beo kesayangannya, lalu dia menceriterakan perihal teman-temanya di negeri tetangga sana banyak yang mati setelah mendengar pesan yang disampaikannya. Mendengar cerita sang saudagar burung beo tersebut langsung mati juga.

Sang saudagar sangat sedih beo kesayangannya mati juga, diambil burung beo tersebut dari dalam sangkarnya dan dibuang di tempat sampah, sesaat kemudian burung beo yang sudah dianggap mati itu bangun dan terbang bebas meninggalkan sangkar emasnya.

Jelas burung beo kesayangan saudagar tersebut bisa menangkap pesan dari teman-temannya disana, dia harus berpura-pura mati jika ingin hidup bebas.

Pesan dari cerita ini, kalau ingin hidup bebas, jangan suka memamerkan kepintaran, karena  akan diburu dunia dan pada akhirnya kita akan terperangkap dalam sangkar dunia, artinya orang yang terperangkap dalam sangkar dunia akan diperbudak dunia karena sehari-hari hanya untuk mengurusi duniawi yang mengelilingi hidupnya.

Burung beo diburu manusia karena memamerkan kepintaran bicaranya.

0 komentar:

Posting Komentar

Beri Komentar Dan Saran Untuk Membuat Blog Ini Lebih Baik Terimah Kasih.